Ads Here

Sunday, October 29, 2017

analisis kebutuhan bandwidth

    ANALISIS KEBUTUHAN BANDWIDTH 





       
       Disini saya akan mengulas tentang bandwidth dan troughput yang sangat penting dalam jaringan komputer anda . untuk menghitung kbps maupun bps, yang dilakukan dalam menggunakan layanan internet dalam kehidupan sehari-hari.baik dalam lingkungan sekolah , kantor , rumah makan ,atupun gedung .

          Bandwidth adalah : transfeer data yang dihitung dalam bit/detik atau bit per second (bps),antara client dan server dalam waktu tertentu.

      troughput adalah : bandwidth aktual yang diukur dengan waktu tertentu  dan jaringan tertentu yang digunakan untuk melakuakan transfer file dengan ukuran tertentu juga.berikut ini dalah gambar bandwidth dan throughput.



faktor yang mempengaruhi bandwidth dan troughput 
  • penggunaan perangkat jaringan yang digunakan
  • topologi jaringan yang digunakan
  • tipe data dalm transfer
  • banyaknya pengguna jaringan
  • adanya spesifikasi komputer server dan client
  • adanya induksi listrik maupun cuaca

Hal - hal yang mempengaruhi pemakaian dalam bandwidth yaitu :

1. tampilan website
2. upload dan download
3. pop3 dan smtp

Bandwidth tebagi atas dua yaitu :

1. bandwidth digital : jumlah atau volume suatu data yang dapat dikirim melalaui saluran komunikasi tanpa adanya rotasi.
2. bandwidth analog : perbedaan antara frekuensi rendah dan frekuensi tinggi dalam sebuah rentang frekuensi yang diukur dalam satuan hz yang dapat menentukan transmisi dalam suatu saat.

               Fungsi dari bandwidth adalah untuk menghitung besaran transfer dat terhadap user untuk mengakses sebuah server.atau bisa dihitung atas berapa banyak data yang digunakn oleh pengguna tersebut. 

           kebutuhan bandwidth dalam jaringan dlam kehidupan pengguna jaringan agar pengguna  bandwidth efektif ,klient harus menlahgetahui kebutuhan layanan pada dirinya . kebutuhan bandwidth dalam jaringan yaitu sesuai berapa besar layanan atu data yang kamu gunakan .sehingga bisa di buktikan dalam banyaknya administrator jaringan ,bandwidth untuk jaringan salah satu faktor penting dalam merancang lan dan wan yang terbaik. 

          Dalam menghitung bandwidth ada dua langkah yaitu :
a. kita harus menentukan jumlah bandwidth dalam jaringan yang sudah ada tersebut.
b. harus menentukan penggunaan rata rata aplikasi tersebut, dan dinyatakan dalam bps.
berikut ini gambaran test untuk menghitung dalam kbps.


        Analisa kebutuhan bandwidth yaitu:

1. penggunaan internet di dalam sekolah banyak  yang menggunakann layanan untuk browsing atau lainya minimal 128kbps.
2.lab komputer ada 2 masing masing 40 komputer ,total komputer 40*2=80 komputer.
3.kebutuhan bandwidth 128kbps*80=10240 kbps .

        Keberagaman kebutuhan bandwidth sesuai kebutuhan yaitu dengan cara : misalnya di lingkungan sekolah mempunyai 4 ruangan komputer yang terhubung kemudian dibuat untuk browsing .maka kebutuhan bandwidth secara ideal sangat lah beragam karena dapat menghubungkan komputer satu dengan komputer yang lainya.  



1 comment:

  1. Titanium Art by TITANIA SAUCE LTD
    TITANIA SAUCE LTD. titanium granite The home titanium trim hair cutter reviews of price of titanium fine art for the Japanese and English Museum and Art Museum titanium uses in titanium nitride coating service near me Berlin, Germany.

    ReplyDelete