Ads Here

Sunday, August 20, 2017

TENTANG OSI LAYER

                                                       

                                                           KETERANGAN OSI LAYER

   

          
STANDAR ORGANISASI KOMPUTER

        standar organisasi yaitu sutu hal yang sangat penting dalam menciptakan dan memelihara sebuah kompetisi dasar untuk manufaktur perangkat komunikasi dan jadi jaminan interoperability data dalam komunikasi.saya akn memberikan tentang macam- macam organisasi standar. berikut ini :

1.internet engineering task force ( IETF )
2.international standards organization (ISO )
3.international telecomunications union (ITU )
4.american national standards institute (ANSI)
5.institute of electrical and electronics engineers (IEEE)
6.electronic industries association (EIA)
7.federal communications commision (FCC)

 TENTANG OSI LAYER

           Osi Layer yaitu standar komunikasi yang ada didalam jaringan komputer itu sendiri.oleh karena itu semua alat komunikasi saling berkomunikasi melalui jaringan . kepanjangan dari osi adalah " Open Systems Interconnection" .osi dibuat oleh iso pada tahun 1977 di eropa,osi sangat penting karena osi bertanggung jawab semua atas komunikasi data.jika osi satu mengalami eror maka lainya juga memeriksa.

           Berikut 7 layer osi yaitu :

              ⇨  APPLICATION
              ⇨  PRESENTATION     
              ⇨   SESSION
              ⇨   TRANSPORT
              ⇨   NETWORK
              ⇨   DATA LINK
              ⇨   PHYSICAL

        fungsi dari layer osi akan diterangkan di bawah ini :

  1. Application layer berfungsi untuk dapat antarmuka dengan aplikasi agar fungsionalitas jaringan dapat      mengatur aplikasi itu dapat mengakses jaringan serta membuat pesan yang salah.

  2.Presentation berfungsi untuk mentranslasikan data yang hendak ditransmisikan oleh aplikasi  dalam        bentuk format yang ditransmisikan melalui jaringan itu sendiri.

 3. Session berfungsi  untuk mendefinisikan bagaimana koneksi itu dibuat, dipelihara, atau                              dihancurkan. Selain itu, di session ini juga dapat dilakukan resolusi namanya.

4. Transport berfungsi memecahkan data ke dalam paket data serta memberikan nomor urut ke paket          tersebut sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan setelah diterima. 

5. Network berfungsi  untuk mendefinisikan alamat IP, membuat header, dan  melakukan routing melalui       internetworking dengan menggunakan router dan switch.

6. Data link berfungsi untuk menentukan bit-bit data dikelompokkan menjadi format tertentu.

7. Physical berfungsi untuk mendefinisikan media transmisi jaringan, model sinyal, sinkronisasi bit,               arsitektur jaringan,topologi jaringan dan pengkabelan.

         sejarahnya Sebelum munculnya model OSI, sistem jaringan komputer sangat tergantung kepada pemasok (vendor) . OSI juga membentuk standar umum jaringan komputer untuk menunjang antar pemasok yang berbeda. Dalam suatu jaringan yang besar biasanya banyak protokol jaringan yang berbeda. Tidak hanya protokol yang sama. membuat banyak perangkat tidak bisa saling berkomunikasi.

       Model ini pada awalnya ditujukan sebagai basis untuk mengembangkan protokol jaringan pada akhirnya  mengalami kegagalan. faktor dari kegagalan itu adalah :

  ➤ Standar model referensi ini, jika dibandingkan dengan model dari darpa. yang dikembangkan oleh            IETF sangat berdekatan.
 ➤ Model DARPA yaitu model basis protokol TCP/IP yang sering digunakan.Model referensi ini dianggap      sangat mudah.  fungsinya  dianggap kurang bagus,sementara itu diulang lapisan itu.
 ➤Pertumbuhan internet dan protokol tcp/ip membuat OSI menjadi kurang diminati.

STANDAR INTERNET
Standar internet adalah aplikasi normatif atau meteodologi yang berlaku ke internet. standar ini diterbitkan oleh internet engineering task force (IETF).

thank you.....






No comments:

Post a Comment