Ads Here

Tuesday, November 6, 2018

FREKUENSI DAN PANJANG GELOMBANG PADA PEMODULASIAN

MENGENAI FREKUENSI,PANJANG GELOMBANG DAN TEKNIK PADA PEMODULASIAN GELOMBANG.


 A. TENTANG GELOMBANG

   Gelombang merupakan getaran yang merambat. Dalam pembahasan gelombang juga dikenal istilah frekuensi, periode, panjang gelombang, dan cepat rambat gelombang. Dalam hal ini gelombang terdapat frekuensi yang sangat kita ketahui berapa getaran maupun perdetik.

Gambar terkait
Dalam hal ini kita akan bahas mengenai frekuensi, panjang gelombang. Berikut ini penjelasanya.

1. FREKUENSI 

    Frekuensi adalah ukuran jumlah putaran ulang per peristiwa dalam satuan detik dengan satuan Hz.Dalam skala  dengan menentukan jarak waktu, menghitung jumlah kejadian peristiwa dan membagi hitungan ini dengan jarak waktu . frekuensi terbesar 1 HZ itu terjadi pada satu skala per detiknya. frekuensi juga mengacu pada kecepatan gelombang .


 Gambar terkait

2.PANJANG GELOMBANG

     Panjang gelombang adalah sebuah jarak antara satuan berulang dari sebuah pola gelombang. Biasanya memiliki denotasi dengan huruf yonani lamba (λ).panjang gelombang memiliki beberapa variasi.

B.TEKNIK PEMODULASIAN AM DAN FM

  1.TENTANG AM (amplitude madulation)

     Amplitude modulation adalah cara modulasi yang paling mudah tetapi mudah dipengaruhi oleh keadaaan media transmisi. Rentanng frekuensi AM adalah 500 Hz – 1.600 KHz dan panjang gelombang/amplitudonya 1600 KHz – 30.000 KHz, jika direntangkan dengan satuan meter, jangkauan sinyal AM bisa mencapai puluhan ribu kilometer.

2.TENTANG FM (frekuensi modulation)

    Modulasi ini mempergunakan frekuensi dari sinyal analog untuk membedakan keadaan sinyal digital. Pada FM amplitudo dan phase-nya tetap sedang yang berubah-ubah adalah frekuensinya.dalam hal ini kecepatan ini transmisi dapat sampai dengan 1200 bit per sekon. Untuk transmisi data system yang umum dipakai FSK (frequency shift keying). Dengan system ini pembawa misalnya 1700 hz diubah menjadi 2200 hz bilamana bilangan biner “0” akan dikirim atau 1200 hz bilamana biner “1” akan dikirim sedangkan amplitudo pembawa tetap.

Gambar terkait
gambar frekuensi modulation


D.TEKNIK PEMODULASIAN PM DAN FSK

1.TENTANG PM(phase modulation)

    Modulation ini menggunakan perbedaan sudut fasa dari sinyal analog untuk membedakan kedua keadaan sinyal digital.Cara modulasi ini yang paling baik tetapi juga paling sukar.  Biasanya dipergunakan untuk pengiriman data dalam jumlah yang banyak dan dalam kecepatan yang tinggi.

2.TENTANG FSK (frequency shift keying)

Frequency Shift Keying (FSK) atau pengiriman sinyal melalui penggeseran frekuensi. Metoda ini merupakan suatu bentuk modulasi yang memungkinkan gelombang modulasi menggeser frekuensi output gelombang pembawa. untuk deteksi (pengambilan kembali dari kandungan Carrier atau proses demodulasinya) akan lebih mudah, kemungkinan kesalahan (error rate) sangat minim/kecil. Umumnya tipe modulasi FSK dipergunakan untuk komunikasi data dengan Bit Rate (kecepatan transmisi) yang relative rendah, seperti untuk Telex dan Modem-Data dengan bit rate yang tidak lebih dari 2400 bps (2.4 kbps).

E.TEKNIK PEMODULASIAN PSK DAN CDMA

1.TENTANG PSK(phase shift keying)

     Merupakan pengiriman sinyal melalui pergeseran fase. Metoda ini merupakan suatu bentuk modulasi fase yang memungkinkan fungsi pemodulasi fase gelombang termodulasi di antara nilai-nilai diskrit yang telah ditetapkan sebelumnya. 

2.TENTANG CDMA (code division multiple access)
     adalah sebuah bentuk pemultipleksan (bukan sebuah skema pemodulasian) dan sebuah metode yang membagi kanal tidak berdasarkan waktu seperti FDMA danTDMA, namun dengan cara mengkodekan data dengan sebuah kode khusus yang diasosiasikan dengan tiap kanal yang ada dan menggunakan sifat-sifat  dari kode-kode khusus itu untuk melakukan pemulti pleksa.

Gambar terkait

Itulah tentang pemodulasian yang kini dikerjakan.semoga bermanfaat...







No comments:

Post a Comment