Ads Here

Sunday, November 12, 2017

KONFIGURASI EKSTANSI DAN DIAL PLAN PADA SERVER SOFTWITCH

                                             EKSTANSI DAN DIAL PLAN PADA SERVER SOFTWITCH                 





  PENGERTIAN

    Konfigurasi Ektansi merupakan label extension yang berupa string seperti angka, huruf, simbol yang ada pada pola yang harus di evaluasi secara dinamik . setiap yang menjadi bagian extension tertentu nomor  harus valid atau sama.

  Jika tidak sama maka tidak akan terhubung dengan ekstansi pada sevrver.oleh karena itu nomor harus valid atu sama .

   Dial plan yaitu sebagai routing panggilan antar ekstansi baik dalam IP-PBX yang lokal maupun antar IP-PBX atau anda bisa sebut dial trunk.

   Dalam  asterisk dial plan diprogram dalm satu file yang bernama extensions.conf.secara umum setiap ekstensi dalam asterisk merujuk pada user tertentu yang ter registrasi ke asterisk tersebut sehingga biasanya nomor ekstensi sam dengan id user yang dimiliki.

                        KONFIGURASI EKSTANSI PADA SERVER SOFTWITCH

1. Konfigurasi data account umum
   context umum harus ada context=default >nama context user port >5060 >default port SIP binad>       0.0.0.0 >listen semua Ip_addr yang request srvlookup >yes tos>0x18 videosupport >yes.

2. Konfigurasi data acount user / extensions ;softphone >nama atau nomor account  type .friend >tipe      account username >login nat=no >tanpa nat dtmfmode >RTP payload for dtmf digits,telepony            tones and telepony signals allow=all >mode codec,bisa semua codec >id client context =voipkn          >context jaringan user > mekanisme canreinvite mailbox >username@context . 

                         KONFIGURASI DIAL PLAN PADA SERVER SOFTWITCH

 1. Untuk konfigurasi dial plan , edit file extensions.conf dengan mengetik nano /etc/asterisk/extensions.conf . pastikan bahwa seluruh perintah pada file ini sudah dinonaktifkan .ketiklah perintah dari isi file extensions.conf.;Dial antara ekstensi pada IP-PBX>seluruh dial plan hanya berlaku bagi context,,voipkn" exten > 101,1Dial> Dial ext 101 dengan protokol SIP ,time out 20 detik. exten > 101,2 hangup> setelah timeout dilakukan hangup exten > 102,1 Dial exten >102,2 hangup.
                     


Itulah yang bisa saya berikan penjelasan tentang konfigurasi ekstansi dan dial plan pada server softwitch.....


terima kasih

No comments:

Post a Comment