Ads Here

Sunday, November 5, 2017

prosedur instalsi server softwitch berbasis SIP

                                                  Prosedur instalasi server softwitch berbasis SIP


                                     

Pengertian SIP

    Dalam hal ini saya akan memberitahukan tentang sip .sip sangat penting bagi jaringan komputer anda.sip sebagi signalling bagi yang lainya.

    SIP ( session inititation protokol ) adalah suatu signalling protokol  pada layer pada aplikasi yang berfungsi untuk membangun atau mengakhiri suatu sesi multimedia yang melibatkan satu  maupun beberapa pengguna lainya. SIP tidak menyediakan aplikasi atau layanan secara langsung ,tapi menyediakan sebagai pondasi dalam layanan aplikasi tersebut secara lebih lengkap dan rinci.misalnya : SDP (session description protocol ) untuk mendeskripsikan sesi multimedia, RTP (real time transport protocol ) untuk transfer data secara real-time, MEGACO (media gateway control protocol ) untuk komunikasi dengan pstn (public switch telephone network ).

   fungsi dan operasi dasar dalam SIP itu tidak harus tergantung pada protokol tapi pada protokol layer transport yang anda gunakan tersebut.

Prosedur Instalasi server softwitch berbasis SIP

     Jika anda ingin buat sendiri sentral telepon atau lainya yang berbasis SIP yang dikembangkan oleh voip. maka beberapa sip akan di kembangkan oleh operator telekomunikasi di indonesia maupun luar negeri. 

     Sebenarnya tidak banyak yang harus di instal untuk menjalankan asterisk secara minimal hanya dapat mempunyai fungsi secara berikut :
    a. Authentikasi user dengan nomor telepon dan pasword
    b. Dial Plan untuk mengatur apa yang harus dilakukan untuk call kesebuah nomor tertentu.
    c. Enum ,supaya asterisk nantinya mengenali nomor sang akun tersebut.
  
    Peralatan yang dibiutuhkan dalam instalasi berikut :
a. sebuah PC Linux atau bisa anda gunakn yang lainya.
b. sambungan LAN
c. sambungan internet.
   anda harus tau dan faham jika ingin instalasi server  atau lainya dengan cara yang sudah ditentukan.caranya sebagai berrikut .ini merupakan cara instalasi server softwitch berbasis SIP :

1. Hubungkan SIP proxy dengan pbx sebagai gateway ke PSTN untuk menghubungkan dari IP ke PSTN.SIP akan routing ke seluruh panggilan voip ke PSTN.Link koneksi bisa menggunakan PRI ISDN maupun t1 harus melakukan setup SIP proxy.setelah sudah hubungkan ke PBX ke link.

2. Migrasikan exiting user dan service ke SIP.Migarasikan semua handset keSIP baik menggunakan gateway maupun dengan native SIP. Selanjutnya adalah set-up SIP application server untuk mengakomodasi fitur yang dibutuhkan user. dan banyak lagi fitur yang digunnakan oleh user.

3. lakukanlah routing panggilan ke luar melalui koneksi internet. Banyak operator memulai menjual SIP based dengan menawarkan layanan long distance dengan haraga murah. Y ang perlu diawasi adalah nature network internet dan ketika error. sebagai tahap awal seharusnya anda lakukan panggilan luar atau teleworks.

Terima kasih.....semoga bermanfaat  :)

No comments:

Post a Comment